KEGIATAN ADIWIYATA SMK N 5 PONTIANAK

Admin Kamis, 02/09/2021 Umum 12136 hits

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai teman-teman bagaimana kabarnya saat ini? Kita berharap semoga kita semua tetap sehat jasmani dan rohani. Alhamdulillah saya bersyukur sebab diberikan kesempatan untuk menulis artikel ini dalam rangka Kegiatan Adiwiyata  SMK N 5 Pontianak.

Kita semua pasti nyaman jika melihat lingkungan yang bersih karena lingkungan bersih tanpa sampah membuat hidup indah dan sehat. Bagaimana cara kita membuat lingkungan bersih dari sampah?

1. MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA 

 Membuang sampah pada tempatnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi bak sampah sudah banyak tersedia diberbagai tempat umum sebagai contoh disekolah, tempat wisata dan diberbagai tempat lainnya. Keuntungan membuang sampah pada tempatnya dapat memudahkan pengelolaan sampah sehingga juga dapat didaur ulang. Terlebih jika sampah dibuang berdasarkan jenisnya, yaitu sampah organik, sampah kertas, sampah nondaur ulang, dan sampah daur ulang. Adapun kerugian membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan.

1.     2. PENGHIJAUAN LINGKUNGAN

Penghijauan dapat dilaksanakan dengan menggunakan dengan berbagai macam metode seperti: reboisasi untuk memperbaiki tanaman disekitar sekolah. Kegiatan penghijauan sangat penting untuk keseimbangan lingkungan sekolah karena memberikan dampak positif terhadap lingkungan hidup sehingga menjaga ekosistem flora dan fauna, sehingga aman dari kepunahan dan dapat untuk memperbarui oksigen agar sehat. Adapun dampak buruk dari penghijauan lingkungan : Pencemaran udara meningkat,udara bertambah panas,banyak bencana alam,kondisi lingkunga hidup yang kurang baik. Tujuan penghijauan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, untuk meningkatkan daerah yang asri, serasi, lestari serta untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

3. MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN


Kebersihan lingkungan sekolah akan memengaruhi semua kesehatan warga sekolah. Kebersihan juga berperan penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan tentram, tentu saja bila lingkungan yang kumuh akan menjadikan orang enggan berlama-lama untuk berada dilingkungan tersebut. Maka, kebersihan adalah harga mutlak untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman termasuk lingkungan sekolah. Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah antara lain melakukan Program Sekolah Hijau, Adiwiyata, dan melaksanakan tata tertib kebersihan dan kelestarian lingkunga sekolah. Bagaimana mungkin siswa mampu menangkap pelajaran yang disampaikan dengan maksimal bila siswa itu sendiri kurang nyaman berada dikelas yang kotor. 


: tanpa label

E-Learning Bagi Pendidikan

Minggu, 01/05/2005

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

MUTIARA HADIST

Rasulullah Saw. Bersabda :Perumpamaan Orang Yang Pemurah Dan Orang Yang Bersedekah Seperti Seorang Lelaki Yang Memakai Dua Helai Jubah Atau Dua Helai Baju Besi Dari Dadanya Hingga Keatas. Apabila Orang Yang Berbelanja (Dalam Riwayat Lain: Apabila Orang Yang Bersedekah) Ingin Memberi Sedekah, Maka Baju Itu Longgar Buatnya; Dan Apabila Orang Bakhil Ingin Bersedekah, Maka Baju Itu Menjadi Rimas Dan Panas Sehingga Menutupi Jari-jarinya Serta Menghapus Jejaknya. Abu Hurairah Berkata : Orang Yang Bakhil Ingin Melonggarkan Pakaiannya Tetapi Dia Tidak Mampu Melonggarkannya. Jangan Pernah Berbakhil, Saudaraku!