JADWAL PELAKSANAAN SNBP 2024

Admin Juma't, 05/01/2024 Utama 97 hits

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa eligible atau siswa yang memang dianggap layak untuk mengikuti SNBP 2024. Pemerintah membuka SNBP untuk memberikan kesempatan bagi siswa SMA/sederajat yang memiliki prestasi dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN). Prestasi yang dimaksud merupakan prestasi akademik maupun non akademik yang diraih siswa selama bersekolah di jenjang SMA/sederajat. SNBP tidak bisa diikuti oleh sembarang siswa dan hanya diperuntukkan bagi siswa eligible. Siswa eligible sendiri adalah sebutan untuk siswa yang layak atau memenuhi persyaratan untuk mendaftar SNBP. Jadi, siswa eligible merupakan siswa terpilih atau siswa yang memang direkomendasikan oleh sekolah karena memiliki prestasi sesuai kriteria SNBP.

Ketentuan Umum SNBP 2024

SNBP 2024 digelar dengan beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh semua pihak, baik sekolah maupun siswa. Dilansir dari laman Kemdikbud, berikut beberapa ketentuan umum SNBP 2024:
  • SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Rapor yang digunakan adalah: Rapor semester 1-5 bagi siswa SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun Rapor semester 1-7 bagi siswa SMK dengan masa belajar empat tahun.
  • Prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.
  • Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar.
  • Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah Untuk pengisian PDSS. Siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk pendaftaran SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di Portal SNPMB
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa yang akan mendaftar SNBP disarankan membaca informasi persyaratan program studi pilihan pada laman PTN yang dituju.
  • Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.
  • Siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapuN

Persyaratan Siswa Eligible SNBP 2024

Siswa eligible adalah siswa yang memenuhi kriteria atau persyaratan yang sudah ditentukan untuk mendaftar SNBP 2024. Adapun kriteria siswa eligible pada SNBP tahun ini adalah sebagai berikut:

  • Siswa eligible adalah siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir (kelas XII) pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul.
  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
  • Memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS.
  • Wajib mengunggah portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga.
  • Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.



: tanpa label

KOMENTAR

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

MUTIARA HADIST

Rasulullah Saw. Bersabda :Perumpamaan Orang Yang Pemurah Dan Orang Yang Bersedekah Seperti Seorang Lelaki Yang Memakai Dua Helai Jubah Atau Dua Helai Baju Besi Dari Dadanya Hingga Keatas. Apabila Orang Yang Berbelanja (Dalam Riwayat Lain: Apabila Orang Yang Bersedekah) Ingin Memberi Sedekah, Maka Baju Itu Longgar Buatnya; Dan Apabila Orang Bakhil Ingin Bersedekah, Maka Baju Itu Menjadi Rimas Dan Panas Sehingga Menutupi Jari-jarinya Serta Menghapus Jejaknya. Abu Hurairah Berkata : Orang Yang Bakhil Ingin Melonggarkan Pakaiannya Tetapi Dia Tidak Mampu Melonggarkannya. Jangan Pernah Berbakhil, Saudaraku!